Uncategorized

Basa basi adalah hal yg sering dilakukan oleh manusia Indonesia. Awalnya maksudnya baik -nanya kabar dsb, tapi mostly ujung2nya kepo, nyindir, dan bikin penerima menjadi suudzon, minder, ataupun emosi. Contoh:

A: ‘wah sekarang kurusan ya’
B: dalam hati: jadi dulu gw gendut?

A: ‘wah gemukan deh. Udah nggak nge gym lagi ya.’ Atau ‘wah gemukan nih, lagi ‘isi’ ya?’
B: galam hati: jadi skrg gw gendut?
Situasi ini akan lebih parah kalo B emang tambah gendut bukan karena lagi hamil. Ya lagi banyak makan aja, atau lagi banyak pikiran jadi makan terus.

A: ‘yaampuunn lo cakep bgt sekarang.’
B: dalam hati: jadi dulu gw jelek?

Well, sebagai pemberi pesan mungkin kita bisa bilang, ya elonya aja yg sensi/negative thinking. Maksud gw baik kok, muji lo. Kalo itu persepsi lo, coba kalo ada orang bule di sekeliling lo, tanya kenapa mereka nggak pernah basa basi.

Sebenernya akan lebih nice kalo lo basa basi dgn bilang ‘kita udah lama bgt nggak ketemu ya’ atau ‘aduh gw kangen sama lo’ atau ‘wah gw seneng ketemu lo lagi’ and STOP there. Titik. Nggak usah bawa2 fisik. Bukan hak kita untuk menjustifikasi tampilan orang lain. If you don’t have anything nice to say, zip your mouth. Period.

View on Path

Leave a Reply

